Fujitsu memaparkan 12 perspektif yang akan menjadi tren dan mengubah teknologi informasi sepanjang 2012.
“Teknologi mobile, layanan Cloud, dan media sosial akan mendatangkan
perubahan. Tren-tren itu akan mengubah cara bisnis masyarakat,” kata
Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad Sofwandi Jakarta pada Selasa (14/2).
Sembilan tren tersebut :
1. Real-time insight
Masuknya berbagai perangkat digital ke dalam kehidupan manusia akan
memberikan banyak informasi berbasis data berkecepatan tinggi. Hal itu
memicu inovasi-inovasi bisnis berdasarkan Internet seperti pelayanan
berbasis Internet dan pembentukan komunitas di Internet.
“Nantinya delivery pizza? bukan saja lewat ponsel, tapi juga Internet,” katanya.
2. Bisnis tanpa batas
Layanan Cloud memungkinkan pengguna membangun dan mengoperasikan sendiri
usahanya berbasis Internet seperti berjualan di Internet sehingga
batasan-batasan dalam bisnis tradisional akan hilang seperti kebutuhan
akan pasar, lokasi, organisasi dan bahasa. Semua transaksi akan
berdasarkan Cloud sepertu melalui akun email, jejaring sosial dan laman
lainnya.
“Banyak perusahaan teknologi yang menawarkan utilitas Cloud seperti ketersediaan hardware, software dan aplikasi,” katanya.
3. Manusia di atas segalanya
Sistem komputasi dan perangkat teknologi lebih tertuju kepada
kepentingan dan kemaslahatan umat manusia seperti lahirnya sensor
komputer yang bisa mendeteksi kadar gula melalui cairan pembuangan
kandung kemih.
4. Informasi lebih utama daripada teknologi
Data informasi menduduki posisi lebih penting dari pada perangkat
teknologi itu sendiri. Informasi dapat meningkatkan kinerja bisnis dan
kualitas hidup. Semakin banyak informasi yang didapat, maka akan semakin
tepat keputusan yang diambil. “Perusahaan yang memanfaatkan berbagai
informasi akan terus hidup sedangkan yang tidak akan tenggelam,”
katanya.
5. Semua perangkat akan terkoneksi
Saat ini ada sekitar empat miliar peranti yang terhubung ke Internet dan
jumlah itu akan terus meningkat hingga 15 miliar pada 2015 dan 20
miliar pada 2020. Kemampuan koneksi bukan lagi monopoli komputer, tetapi
semua mesin seperti vending machine, meteran parkir bahkan tempat
sampah akan mampu memancarkan informasi tentang status lingkungan di
sekitarnya baik secara pasif, responsif bahkan secara otonom.
“Akhirnya, manusia akan bergantung kepada informasi-informasi yang
dihasilkan perangkat-perangkat tersebut. Saat ini orang kurang
membutuhkan peta karena sudah ada GPS,” katanya.
6. Pilihan : satu untuk semua ukuran
Perusahaan harus melakukan banyak inovasi dengan memberikan banyak
pilihan layanan kepada pelanggan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
pelanggan sehingga perusahaan lebih fleksibel.
7. Social working
Perusahaan terus melakukan eksperimen dengan media jejaring sosial untuk
terus menemukan inovasi atau solusi sebelum kompetitor mendahuluinya
karena jejaring media sosial adalah penghubung yang tepat kepada
pelanggan.
Tantangannya, media sosial sulit diprediksi dan dikendalikan karena
masing-masing pelanggan memiliki keinginan dan kepentingan yang
berbeda-beda.
8. Kekuatan komunitas
Crowding Out Web tidak hanya menyediakan akses informasi. Web juga mampu
menghubungkan jutaan, bahkan miliaran orang. Crowdsourcing akan
menyediakan berbagai manfaat sumber daya manusia yang berlimpah
9. Mobilitas setiap manusia akan saling terhubung dan mobile.
Komputer PC dan aplikasi PC akan kurang terpakai karena munculnya banyak perangkat-perangkat baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar